Resto Ayam Penyet Cah Ayoe Permata Hijau, Sambalnya Mantap


Buka bersama terakhir pada Ramadhan 1436 Hijriah, tahun ini.

Direkomendasikan teman untuk buka bersama di rumah makan (resto) ayam penyet di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Saya pun setuju, karena sebelumnya belum pernah mencoba ayam penyet di sana.


Berdasarkan pengamatan saya, ayam penyet adalah ayam goreng yang dilumuri oleh sambal atau rempah-rempah. Pada rumah makan Ayam Penyet Cah Ayoe Khas Semarang ini ada lima pilihan menu ayam penyet —kalau kata yang dagang mah sambal lima rasa— yaitu sambal bawang, sambal ijo, sambal rujak, sambal terasi dan pecak kacang.

Selain menu ayam penyet, ada beberapa pilihan menu utama lain di antaranya adalah ayam bakar, bawal penyet dan lele penyet. Disamping itu juga ada beberapa pilihan menu nasi yang saya lupa apa saja, dan gorengan.

Harga dapat berubah

Dalam kesempatan itu, saya pesan ayam penyet sambal rujak. Katanya menu ini paling pedas, sedangkan menurut rekomendasi teman, menu paling enaknya adalah ayam penyet sambal terasi.

Pesanan datang, disajikan dengan lalapan daun selada dan timun segar. Saya pun langsung santap dengan antusias. Pedasnya sambal rujak membuat keringat bercucuran. Hasil ulekan cabenya masih kasar, terlihat jelas kalau itu cabe merah keriting.

Ayam penyet sambal rujak
Tampak menggiurkan dong?
Sambelnya ngeri
Lalapannya seger!

Pedas banget sih nggak, hanya cukup menggigit, dan kadar pedasnya tidak bertahan lama. Minum es teh manis sedikit sudah kembali nyaman.

Dibandrol dengan harga terjangkau, ukuran porsinya memang tidak begitu besar. Satu porsi kurang, dua kebanyakan. Tanggung lah!

Secara keseluruhan, menu ayam penyet yang memiliki slogan "Rasa mantap, harga bersahabat" ini saya nilai cukup memuaskan. Enak, tetapi bukan enak banget lho ya. Kualitas setara harganya.

Next time, jika berkesempatan mampir lagi, saya mau coba ayam penyet sambal terasinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fish & Chips Solaria, Carrefour Lebak Bulus

Nggak Ada Plastik Nempel atau Lengket, Inilah Cara Jenius Makan Kue Keranjang

Nikmatnya Nasi Goreng Kepiting Rajungan di Solaria, AEON Mall