Belalang Goreng! Makanan Khas Gunung Kidul dengan Rasa Menantang


Saya mendapatkan makanan khas Gunung Kidul, Yogyakarta yakni belalang goreng (fried grasshopper) dengan rasa pedas. Gokil, sadis juga rasanya kalau saya menyantap sajian yang terbuat dari serangga yang dianggap hama tanaman ini.

Biasanya saya hanya menonton orang makan serangga aneh-aneh dalam acara TV yang bercerita tentang kondisi jajanan pinggir jalan di Thailand dan Vietnam, namun dengan diberikannya saya jajanan berupa belalang goreng dari Gunung Kidul ini akhirnya saya menyadari bahwa ada lho jajanan ekstrim macem begini.

Belalang halal tidak?

Jangan khawatir, belalang itu serangga yang masuk dalam kategori halal.

"Dihalalkan untuk kita dua bangkai dan dua darah. Adapun kedua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Dan adapun kedua darah itu adalah hati dan limfa," (HR. Ahmad dan Ibnu Maja).

Rasanya gemana?

Agak aneh sih. Gurih tapi agak amis gitu. Saya merasa bahwa aromanya itu mirip seperti kecoa. Mungkin saja rasa kecoa juga sama dengan belalang ini. Namun untuk kecoa, dipastikan saya tidak akan mau untuk memakannya.

Protein yang terkandung dalam seekor belalang terbilang tinggi. Bagaimana tidak, anda langsung menyantap seluruh bagian tubuhnya. Meskipun rasanya terbilang aneh, kulit belalang dipercaya mengandung chitosan, zat yang baik untuk kesehatan.

Jika sudah  terbiasa, rasa dari makanan ini enak juga. Lama-lama rasanya agak manis gitu.

Berani coba?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fish & Chips Solaria, Carrefour Lebak Bulus

Nggak Ada Plastik Nempel atau Lengket, Inilah Cara Jenius Makan Kue Keranjang

Nikmatnya Nasi Goreng Kepiting Rajungan di Solaria, AEON Mall